Model-model pembelajaran ini dipilih dan disesuaikan
dengan karakteristik Kompetensi Dasar/Materi Pokok
Silakan Coba!
Ø
JIGSAW ( Model Tim Ahli )
( Aronson, Blaney, Stepen, Sikes, and Shapp, 1978 )
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Siswa dikelompokkan ke dalam 4
anggota tim
2. Tiap orang dalam tim diberi
bagian materi yang berbeda
3. Tiap orang dalam tim diberi
bagian materi yang ditugaskan
4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/subbab yang
sama bertemudalam kelompok baru ( kelompok ahli ) untuk mendiskusikan subbab
mereka
5. Setelah selesai diskusi, sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke
kelompok asal dan bergantian mengajar
teman satu tim mereka tentang subbab yang mereka kuasai dan tiap anggota
lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6. Tiap tim ahli mempresentasikan
hasil diskusi
7. Guru memberi evaluasi
8. Penutup
Ø
KELILING
KELOMPOK
Maksudnya agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk
memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota
lainnya.
Caranya:
1. Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan
memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka
kerjakan
2. Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya
3. Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah
perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan.
Ø
COORERATIVE
SCRIPT ( Danserau, CS., 1985 )
Skrip kooperatif: metode belajar
dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan
bagian-bagian dari materi yang dipelajari.
Langkah-langkah:
1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca
dan membuat ringkasan
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai
pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan
memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya
Sementara pendengar:
·
Menyimak/mengoreksi/menunjukan ide-ide pokok yang
kurang lengkap
·
Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan
menghubungkan materi sebelumnya atau
dengan materi lainnya
5. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar
menjadi pendengar dan sebaliknya. Semua
dilakukan seperti diatas.
6. Kesimpulan siswa bersama-sama dengan guru
7. Penutup
Ø
SNOWBALL
THROWING
Langkah-langkah pembelajaran:
1.
Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2.
Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil
masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
3.
Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya,
kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
4.
Masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas
kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang dijelaskan oleh ketua
kelompok.
5.
Kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari
satu siswa ke siswa yang lain selama kurang lebih 15 menit
6.
Setelah siswa dapat 1 bola /satu pertanyaan diberikan
kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas
berbentuk bola tersebut secara bergantian
7.
Evaluas
8.
Penutup
Ø
DEBATE
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang
lainnya kontra
2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan
didebatkan oleh kedua kelompok diatas
3. Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu
anggota kelompok pro untuk berbicara, lalu ditanggapi atau dibahas oleh
kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa
mengemukakan pendapatnya.
4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti ide/ide dari
setiap pembicaraan di papan tulis sampai sejumlah ide yang diharapkan guru
terpenuhi.
5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
Dari data-data di papan tulis tersebut, guru mengajak siswa membuat
kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.
Ø
NUMBERED HEADS
TOGETHER ( Kepala Bernomor )
( Spencer Kagan, 1992 )
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa
dalam kelompok mendapat nomor
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing
kelompok mengerjakannya
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan
memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
4. Guru memanggil satu nomor siswa. Dengan nomor yang
dipanggil mereka melaporkan hasil kerjasama.
5. Tanggapan dari teman yang lain. Kemudian guru menunjuk
nomor yang lain.
6. Kesimpulan.
Ø
DUA TINGGAL DUA
TAMU ( Two Stay Two Stray )
( Spencer Kagen, 1992 )
Memberi kesempatan kepada kelompok
untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lainnya.
Caranya:
1. Siswa bekerjasama dalam kelompok berempat seperti biasa
2. Setelah selesai,dua orang dari masing-masing kelompok
bertamu ke kelompok lain
3. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan
hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka
4. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri
dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
Ø
COOPERATIVE
INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC )
Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis ( Steven & Slavin, 1995 )
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara
heterogen
2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik
pembelajaran
3. Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide
pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping yang ditulis pada lembar
kertas
4. Mempresentasikan/membacakan hasil kerja kelompok
5. Guru membuat kesimpulan bersama
6. Penutup
Ø
TEBAK KATA
Media:
Buat kartu ukuran 10 x 10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya
yang mengarah pada jawaban ( istilah ) pada kartu yang ingin ditebak!
Buat kartu ukuran 5 x 2 cm untuk menulis kata kata atau istilah yang mau
ditebak ( kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di
telinga.
Langkah-langkah:
1. Jelaskan TPK atau materi kurang lebih 45 menit
2. Suruhlah siswa berdiri di depan kelas dan
berpasangan
3. Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti
dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu berukuran 5
x 2 cm yang isinya tidak boleh dibaca ( dilipat ) kemudian ditempelkan di dahi
atau diselipkan di telinga
4. Sementara siswa membawa kartu 10 x 10 cm dan membacakan
kata-kata yang tertulis di dalamnya, pasangannya menebak apa yang dimaksud
dalam kartu itu. Jawaban tepat bila sesuai dengan kartu yang ditempelkan di
dahi atau telinga.
5. Apabila jawaban tepat ( sesuai dengan yang tertulis di kartu
) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah
ditetapkan boleh mengarah dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi
jawabannya.
6. Dan seterusnya.
Contoh kartu
·
Perusahaan ini tanggung jawabnya tidak terbatas
·
Dimiliki oleh 1 orang
·
Struktur organisasinya tidak resmi
·
Bila mendapat keuntungan, diambil sendiri
Nah, SIAPAKAH AKU???
Ø
TAKE AND GIVE
Media:
·
Kartu berukuran 10 x 15 cm sebanyak sejumlah peserta.
Tiap kartu berisi sub materi ( yang berbeda dengan kartu lainnya, materi sesuai
dengan TPK )
·
Contoh kartu:
Nama siswa : ..................
Submateri : ..................
: ..................
Nama yang diberi:
1.
2.
3.
4.
5. dst.
|
Langkah-langkah
pembelajaran:
1. Siapkan kelas sebagaimana mestinya
2. Jelaskan materi sesuai dengan TPK
3. Untuk memantapkan penguasaan
peserta, tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari ( dihapal
) kurang lebih 5 menit
4. Semua siswa disuruh berdiri dan
mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama
pasangannya pada kartu contoh
5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta
dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing ( take and give )
6. Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan
siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya ( kartu orang lain )
7. Strategi ini dapat dimodifikasi
sesuai dengan keadaan
8. Kesimpulan
Ø THINK PAIR AND SHARE ( Frank Lyman,
1985 )
Langkah-langkah pembelajaran:
1. Guru menyampaikan inti materi dan
kompetensi yang ingin dicapai
2. Siswa diminta untuk berfikir tentang
materi/permasalahan yang disampaikan guru
3. Siswa diminta berpasangan dengan teman
sebelahnya ( kelompok 2 orang ) dan mengutarakan hasil pemikirannya
masing-masing
4. Guru memimpin pleno kecil diskusi,
tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
5. Berawal dari
kegiatan tsb. Mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para
siswa
6. Guru memberi kesimpulan
7. Penutup
Ø PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah:
1. Guru menyampaikan kompetensi yang
ingin dicapai
2. Menyajikan materi sebagai
pengantar
3. Guru menunjukan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4. Guru menunjuk /memanggil siswa secara
bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5. Guru menanyakan alasan/dasar
pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari alasan atau urutan gambar tsb.
Guru memulai menanam konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7. Kesimpulan
Ø STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD )
Tim Siswa Kelompok Prestasi ( Slavin, 1995 )
Langkah-langkah:
1. Membentuk kelompok yang anggotanya
4 orang secara heterogen ( campur menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll. )
2. Guru menyajikan pelajaran
3. Guru memberi tugas kepada kelompok
untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya lalu mengerjakan
kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti
4. Guru memberi kuis/pertanyaan
kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kius tidak boleh saling membantu
5. Memberi evaluasi
Ø BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah:
1. Setiap siswa mendapat 1 pasangan ( guru bisa menunjuk
pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya)
2. Guru memberikan tugas dan siswa
mengerjakan tugas dengan pasangannya
3. Setelah selesai setiap pasangan
bergabung dengan 1 pasangan yang lain
4. Kedua pasangan tsb bertukar pasangan, masing-masing
pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran
pasangan kemudian disampaikan kepada pasangan semula
Ø GROUP INVESTIGATION ( Sharan, 1992
)
Langkah-langkah:
1. Guru membagi kelas dalam beberapa
kelompok heterogen
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan
tugas kelompok
3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu
materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi yang berbeda
dari kelompok lain
4. Masing-masing kelompok membahas
materi yang sudah ada secara kooperatif berisi temuan
5. Setelah selesai diskusi, lewat
juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6. Guru memberikan penjelasan singkat
sekaligus memberikan kesimpulan
7. Evaluasi
8. Penutup
Ø EXAMPLES NONEXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah:
1. Guru mempersiapkan gambar-gambar
sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru menempelkan gambar di papan
tulis atau ditayangkan melalui OHP
3. Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan kepada siswa untuk menganalisa gambar
4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang
siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tsb dicatat pada kertas
5. Tiap kelompok diberi kesempatan
membaca hasil diskusinya
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi
siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
7. Kesimpulan
Ø SCRAMBLE
Media :
·
Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan TPK
·
Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah-langkah:
1. Guru menyajikan materi sesuai
dengan TPK
2. Membagikan lembar kerja
Contoh :
Susunlah huruf-huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci ( jawaban )
dari pertanyaan kolom A!
A
|
B
|
1. Sebelum mengenal uang, orang melakukan pertukaran
dengan cara....
2. .......digunakan dengan pembayaran yang sah
3. Uang.... saat ini banyak dipalsukan
4. Nilai perbandingan uang dalam disebut
nilai.........
5. Nilai yang tertulis
pada uang disebut nilai....
|
1. TARREB
2. GANU
3. TRASEK
4. STUK
5. MINALON
|
Ø ARTIKULASI
Langkah-langkah:
1. Menyiapkan TPK yang ingin dicapai
2. Guru menyampaikan materi seperti
biasa
3. Untuk mengetahui daya serap siswa,
bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4. Suruhlah seorang dari pasangan itu
menceritakan materi yang baru saja diterima dari guru dan pasangannya dan
pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian bergantian
peran. Begitu juga kelompok lainnya
5. Suruh siswa secara bergiliran/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya
6. Guru mengulangi/ menjelaskan
kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
7. Kesimpulan/penutup
Ø WORD SQUARE
Media :
·
Buat kotak sesuai keperluan
·
Buat soal sesuai TPK
Langkah-langkah:
1. Sampaikan materi
sesuai TPK
2. Bagikan lembar
kegiatan sesuai contoh
3. Siswa disuruh
menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan point setiap
jawaban dalam kotak
Contoh:
T
|
Y
|
E
|
N
|
I
|
O
|
K
|
N
|
R
|
A
|
U
|
A
|
N
|
K
|
U
|
O
|
A
|
B
|
A
|
R
|
T
|
E
|
R
|
M
|
N
|
A
|
N
|
I
|
R
|
R
|
S
|
I
|
S
|
D
|
G
|
I
|
I
|
T
|
G
|
N
|
A
|
O
|
N
|
L
|
S
|
A
|
I
|
A.
|
K
|
L
|
A
|
A
|
I
|
S
|
R
|
L
|
S
|
A
|
C
|
E
|
K
|
B
|
O
|
S
|
I
|
R
|
I
|
N
|
G
|
G
|
I
|
T
|
Contoh soal:
a. Sebelum
mengenal uang, orang melakukan pertukaran dengan cara....
b. .......digunakan
dengan pembayaran yang sah
c.
Uang.... saat ini banyak dipalsukan
d. Nilai bahan
pembuatan uang disebut...
e. Kemampuan
uang untuk ditukar dengan sejumlah barang dan jasa disebut nilai...
f. Nilai
perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebut .........
g. Nilai yang
ditulis dalam mata uang disebut nilai....
h. Dorongan
seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif...
i. Perintah
tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah
uang disebut....
5. Setelah selesai dipentaskan,
masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
6. Masing-masing kelompok menyampaikan
hasil kesimpulannya
7. Guru memberikan kesimpulan secara
umum
8. Evaluasi
9. Penutup
Ø MAKE – A MACTH ( Mencari Pasangan )
( Lorna Curran, 1994 )
Langkah-langkah:
1. Guru mmenyiapkan beberapa kartu yang berisi
beberapa konsep untuk topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu
bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapatkan 1 buah
kartu
3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal
dari kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang
mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya ( soal jawaban )
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan
kartunya, sebelum batas waktu diberi point
6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi
agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan/penutup
No comments:
Post a Comment